Sebelum kalian memulai mengenali dan mempelajari tentang pembelajaran otomotif khususnya pada kendaraan. kalian harus terlebih dahulu mengenali dan memahami cara atau prinsip kerja pada kendaraan bermotor.
Pembakaran atau Perpuindahan dari tenaga panas kedalam bentuk tenaga penggerak atau mekanik. Campuran pada bensin dan udara yang masuk atau dihisap masuk kedalam silinder, dimanfaatkan dengan Piston, di bakar sehingga memperoleh tenaga panas, yang mana dengan terbakarnya gas-gas akan mempertinggi suhu dan tekanan.
Bila Piston yang bergerak secara naik dan turun didalam silinder sehingga menerima tekanan yang tinggi diwaktu tenaga kerja pada Piston yang menjadikan piston itu bergerak turun kebawah. Tenaga dotrong yang diterima oleh piston diteruskan keporos engkol, sehingga poros engkol atau crackshaft dapat bergerak berputar. Poros engkol dihubungkan keroda belakang melalui sistem pemindah daya, sehingga di waktu poros engkol berputar dan sepedah motor bergerak. Dan diwaktu itu pula di perlukan untuk membuang gas - gas yang terbakar dan penyedia campuran udara serta bensin pada saat yang tepat untuk menjaga agar Piston dapat bergerak secara periodik atau melakukan kerja secara berulang - ulang.
Kerja periodik didalam silinder dimulai dari pemasukan antara campuran bahan bakar dan udara kedalam silinder, sampai pada kompresi, pembakaran dan pengeluaran gas-gas yang telah terbakar di ruang silinder, disebut dengan engine cycle (siklus mesin)
Motor Bensin, terdapat 2 macam tipenya tipe yang pertama adalah 4 gerakan piston untuk memperoleh satu siklus, memerlukan dua kali putaran pada poros engkol, yang disebut dengan motor bensin 4 tak, dan macam tipe yang kedua adalah 2 gerakan piston, memerlukan hanya satu siklus putaran poros engkol, sehingga disebut dengan motor 2 tak.
Semoga artikel ini dapat memberikan informasi lebih untuk kalian semua.
No comments:
Post a Comment